Saturday, April 9, 2011

Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi

Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi

Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi adalah sebuah perangkat lunak berbasis jaringan yang bermanfaat untuk membantu proses akademik dan absensi dari sebuah Universitas. SIPT digunakan dengan memaksimalkan penggunaan fasilitas jaringan komputer pada suatu Universitas, baik untuk proses absensi, mencatat jadwal, membuat laporan absensi dan jadwal, serta membuat laporan Kontrak Kredit dan Transkrip Nilai
Program ini berbasis Client Server, artinya semua data bisa terdistibusi keseluruh bagian Kelas
Dengan adanya program ini, diharapkan proses akademik dan absensi pada Universitas Anda akan menjadi jauh lebih efisien karena dipercepat oleh suatu sistem terkomputerisasi. Apabila hal itu terwujud, sumber daya manusia yang selama ini digunakan untuk melakukan proses yang sifatnya manual dan berulang-ulang dapat dialihkan kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat.
Fasilitas-fasilitas :
Jurusan

Fasilitas ini digunakan untuk mengisi data Jurusan dan Master data jurusan ini akan dipakai master data mahasiswa, krs, kks dan lain-lain.
Mahasiswa
Fasilitas ini digunakan untuk mengisi data Master Mahasiswa, dalam data master ini terdapat Biograpi mahasiswa, Akademik, Orang Tua dan Asal SMU. Master Mahasiswa ini akan beintegrasi dengan seluruh kegiatan Akademik.
Dosen

Fasilitas ini digunakan untuk mengisi data Master Dosen. Master Dosen ini akan beintegrasi dengan seluruh kegiatan perkuliahan.
Matakuliah

Fasilitas ini digunakan untuk mengisi data Matakuliah.
Kontrak Kredit Studi
Fasilitas ini digunakan untuk mengisi kontrak kredit matakuliah yang diambil mahasiswa pada tahun ajaran baru. Setelah selesai mahasiswa melakukan kontrak kredit bagian akademik akan memberikan kartu kontrak kredit.
Penilaian

Fasilitas ini digunakan untuk mengisi data nilai mahasiswa yang berdasarkan kontrak kredit matakuliah.
Absensi

Fasilitas ini digunakan untuk mengisi data absensi pada tiap pertemuan, dimana pengisiananya dilakukan oleh dosen yang mengajar matakuliah yang bersangkutan.
Jadwal Dosen

Fasilitas ini digunakan untuk mengisi data jadwal megajar, dimana jadwal dosen ini berpengaruh terhadap kepada absensi dan nilai.
Report Mahasiswa

Fasilitas ini digunakan untuk menampilkan laporan Mahasiswa.

Report Jadwal Perkuliahan

Fasilitas ini digunakan untuk menampilkan laporan Jadwal Perkuliahan tiap semester.
Report Matakuliah

Fasilitas ini digunakan untuk menampilkan laporan matakuliah per jurusan.
Report Transkrip

Fasilitas ini digunakan untuk menampilkan laporan transkrip nilai.

2 komentar:

Anonymous said...

kalo ada file lengkapnya tolong dong kirim ke rais2008020011@yahoo.com terima kasih...

Hanum said...

this is the paper related about Academic Information System http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1809/1/Artikel_92307043.pdf

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Dcreators